Ssstt… Ini Dia Cara Kerja Investasi Peer To Peer Lending

November 21, 2019 0 Comments


Ssstt… Ini Dia Cara Kerja Investasi Peer To Peer Lending

Bagi Anda yang hendak melakukan investasi, mungkin salah satu pilihan yang ada pada otak Anda saat ini adalah investasi peer to peer lending, peer to peer lending memang menjadi salah satu investasi yang paling diminati di Indonesia. Peer to peer sendiri adalah sebuah wadah atau platform investasi yang dapat Anda gunakan untuk melakukan investasi dimana Anda menjadi investornya.

Platform yang satu ini merupakan platform investasi yang terpercaya serta aman, karena berada di bawah pengawasan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan,untuk and yang memang berniat untuk melakukan investasi Anda dapat mencoba investasi ini, karena platform ini akan menghubungkan Anda sebagai calon investor kepada perusahaan atau pebisnis yang telah membutuhkan suntikan dana investasi.

Bagaimana cara kerja dari peer to peer lending

Platform ini melibatkan 2 pihak yang terlibat dalam investasi yakni pihak pemberi pinjaman atau yang disebut dengan investor serta pihak yang tengah membutuhkan dana, maka cara kerja dari investasi P2P adalah sebagai berikut:.

·         Pengajuan Pinjaman

Sebagai seorang yang tengah membutuhkan pinjaman Anda perlu menarik investor untuk mempercayakan dana mereka pada Anda, yang perlu Anda lakukan mengunggah segala dokumen yang menjadi persyaratan dari pengajuan pinjaman yang dilakukan secara online kepada pemberi pinjaman atau investor, dokumen tersebut seperti laporan keuangan perusahaan atau usaha Anda dalam kurun waktu tertentu serta jabarkan pula tujuan pinjaman Anda. Hal ini sangat penting untuk menarik minat investor serta meraih kepercayaannya.

Anda juga perlu menyerahkan dokumen lain seperti identitas, bukti legalitas dari perusahaan Anda serta tentu saja laporan keuangan perusahaan Anda, hal ini berguna untuk Anda yang akan melakukan pendaftaran sebagai pencari dana. Karena peer to peer memang ini merupakan platform investasi yang terpercaya maka tidak semua perusahaan atau pembutuh dana dapat lolos, ada berbagai kriteria tertentu untuk dapat meloloskan sebuah perusahaan yang hendak bergabung namun jika memang pendaftaran Anda ditolak Anda tidak perlu khawatir Anda bisa memperbaiki faktor penyebab dari ditolaknya perusahaan Anda, ketika sudah terpenuhi atau telah diperbaiki Anda dapat mendaftarkannya kembali.

·         Investor Dana /  Pihak Peminjam

Cara kerja dari investasi online ini akan menghubungkan Anda sebagai calon investor dengan peminjam, Anda sebagai investor dapat menelusuri data-data pada dashboard seperti data pengajuan pinjaman yang memang telah tersedia dalam dashboard, Anda  juga bisa mengetahui berbagai data yang bersangkutan dengan pihak peminjam seperti data pengajuan pinjaman.

Berbagai data penting seperti data valid mengenai peminjam atau perusahaan peminjam dapat Anda telusuri data-data ini penting dan harap Anda untuk benar-benar memikirkan dan mempertimbangkan jika perlu bandingkan data para peminjam, data-data penting ini seperti bagaimana pendapatannya, riwayat keuangan serta apa tujuan dari peminjam kemana aliran dana yang akan Anda investasikan apakah dipergunakan pada bidang kesehatan, atau bidang lain seperti pendidikan, jika sejumlah data yang Anda teluri menarik minat Anda, maka tidak ada salahnya jika Anda mulai berinvestasi, setelah investor mengambil keputusan untuk berinvestasi selanjutnya investor dapat menginvestasikan dana setelan Anda sebagai investor melakukan pembayaran deposit sesuai dengan kesepakatan yang telah disetujui investor dan pemberi pinjaman.

Setelah itu pihak peminjam akan mengembalikan dana Anda dalam kurun waktu yang telah disepakati misalnya dalam jangka waktu satu tahun Anda akan mendapatkan dana Anda beserta keuntungan dari investasi Anda.

Itu tadi cara kerja investasi peer to peer lending, semoga bermanfaat 😊

0 komentar: