Penanganan Tepat untuk Ruam pada Kulit Bayi

November 16, 2019 0 Comments


Penanganan Tepat untuk Ruam pada Kulit Bayi

Kulit bayi pada umumnya sangat sensitif. Kelembapan kulit bayi yang berlebihan dapat menyebabkan timbulnya iritasi kulit, termasuk ruam. Ruam pada kulit bayi dapat mengakibatkan peradangan, kulit melepuh dan luka lecet. Kulit yang melepuh dan lecet sudah pasti akan membuat bayi tidak merasa nyaman.

Ada banyak penyebab ruam pada kulit bayi. Umumnya ruam pada kulit bayi muncul karena kondisi kulit yang terlalu lembap. Tingkat kelembapan yang berlebihan ini biasa terjadi di area kemaluan, bokong serta area paha. Dalam artikel ini akan dibahas upaya pencegahan dan penanganan iritasi akibat ruam pada kulit bayi yang tertutup popok. Berikut pembahasannya secara lebih lengkap.

Pencegahan Ruam pada Kulit Bayi
1. Gunakan diaper cream sebelum memakai popok
Munculnya ruam pada kulit bayi dapat dicegah lebih dini. Salah satunya dengan penggunaan diaper cream bayi untuk kulit ruam sebelum popok dikenakan. Penggunaan diaper cream dapat menjaga tingkat kelembapan pada bagian kulit bayi yang tertutup popok.

Sebagai catatan, cegah ruam bayi dengan diaper cream yang mengandung zinc. Kandungan zinc pada diaper cream sangat efektif untuk mencegah iritasi kulit akibat ruam.

2. Pilih bahan popok yang aman bagi kulit
Untuk popok kain pilihlah bahan katun, sedangkan untuk popok sekali pakai pilihlah yang bahannya berdaya serap tinggi.

3. Cek kondisi popok sesering mungkin
Popok yang terlalu penuh akan menyebabkan bakteri menempel pada kulit bayi. Oleh sebab itu, sering-seringlah cek kondisi popok bayi. Jika sudah terasa basah, segeralah ganti popok bayi untuk mencegah iritasi.

Pengobatan Ruam pada Kulit Bayi
Jika kulit bayi sudah terlanjur terkena ruam, ada beberapa langkah penanganan yang wajib dilakukan. Langkah utama jelas memeriksakannya ke dokter spesialis kulit atau ahli dermatologi. Pemeriksaan medis yang cepat akan menghambat terjadinya peradangan atau luka pada area kulit yang mengalami iritasi.

Selain itu, ada langkah lanjutan yang dapat dilakukan. Langkah lanjutan tersebut adalah melepas popok untuk menjaga kelembapan kulit. Popok dapat dilepas terlebih dahulu selama 10 atau 15 menit per hari agar kulit terkena udara segar. 



0 komentar: